Jumat, Juli 14, 2006

Muntah Berlebihan, Penyebannya Masih Belum Diketahui


Hingga saat ini, muntah yang berlebihan di awal kehamilan atau yang dikenal dengan istilah hyperemesis gravidarum memang belum diketahui penyebabnya. Namun, kondisi tersebut diduga berkaitan dengan meningkatnya kadar hormon kehamilan dan estrogen secara berlebihan.

Berbeda dengan kehamilan umumnya, gangguan ini biasanya bisa berlangsung hingga minggu keduapuluh kehamilan, yang ditandai dengan mual tak terkendali serta muntah-muntah hampir dua puluh kali setiap hari. Akibatnya, nafsu makan hilang dan tubuh lemas karena kehilangan cairan.

Walau ada dugaan dapat memperbesar resiko terjadinya keguguran, umumnya kondisi seperti ini lebih membahayakan si ibu. Si ibu bisa mengalami dehidrasi yang bisa berakibat fatal jika tidak tertangani dengan baik. Dehidrasi tersebut bisa mengakibatkan kerusakan organ hati dan ginjal. Biasanya, dokter akan memberikan suntikan serta obat-obatan antimual untuk mengatasinya.

Dan, untuk meringankan gejala-gejala yang muncul, cobalah makan dalam jumlah yang sedikit saja namun sering. Juga, kurangi makanan yang manis serta berlemak dan berminyak yang justru akan memperburuk keadaan. Untuk mengurani mual, air soda yang di campur dengan sedikit jus bisa anda coba.


Sumber : Lisa Nomor 09/Tahun III/4 - 10 Maret 2002, Halaman 14

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih infonya...
saya tertarik dengan artikel ini.. jadi muntah berlebihan itu belum ada penyebabnya ya...