Minggu, Agustus 27, 2006

Kiat Cerdas Mengelola Heartburn Selama Kehamilan


Tahukah Anda, diperkirakan sebanyak 4 juta wanita sedunia tengah mengandung dan akan melahirkan pada tahun ini? Malangnya, sebagian besar dari perempuan yang berbadan dua ini berpotensi mengalami apa yang disebut heartburn, suatu kondisi nyeri ulu hati, panas, seperti ditusuk-tusuk. Kadangkala malah kerongkongan juga terasa panas seperti terbakar.

Meski heartburn ini terasa menyakitkan bagi calon ibu, namun tak akan melukai bayi yang tengah dikandung. Selama kehamilan, terjadi perubahan hormonal, yang berpengaruh pada alat cerna makanan pada ibu hamil bekerja lebih lambat. Makanya, tak jarang kaum ibu yang berbadan dua mudah menderita kembung, sebagai imbasnya.

Heartburn terjadi manakala makanan di dalam perut kembali ke kerongkongan. Nah, asam lambung yang ikut naik ini menyebabkan sensasi terbakar, yang Anda rasakan seperti datang dari ulu hati. Asam lambung yang naik ini mengiritasi selaput lendir lambung.

Keluhan heartburn ini bisa memburuk saat usia kehamilan bertambah, sebagai imbas membesarnya rahim. Keluhan yang muncul biasanya perasaan eneg, terasa mau muntah

Bagaimana cara terbaik menghindari, mencegah atau meringankan heartburn? Ada sejumlah langkah yang dapat Anda ikuti:


1. Hati-hatilah memilah dan memilih makanan yang dikonsumsi, untuk meminimalkan terjadinya heartburn.

2. Makan secara perlahan, jangan tergesa-gesa

3. Jangan makan sesaat hendak pergi tidur

4. Hindari konsumsi alkohol, juga minuman soda

5. Jangan kenakan pakaian ketat, khususnya di area pinggang (pakai saja pakaian longgar, lebih nyaman juga ‘kan)

6. Hindari makanan pedas, berbumbu atau makanan yang anda ketahui bisa mendatangkan heartburn (goreng-gorengan dan makanan berlemak termasuk)

7. Jaga kepala dan bagian atas tubuh lebih tinggi saat tidur

8. Hindari makan sembari berbaring

9. Kelebihan berat badan berpotensi menimbulkan heartburn. Jagalah berat badan selama kehamilan

10. Kurangi konsumsi coklat

11. Kunyah permen karet setelah Anda makan

Nah, sekarang bagaimana jika heartburn menyerang? Saat keluhan datang, Anda dapat mengonsumsi Mylanta, berupa tablet kunyah atau sirup. Mylanta bekerja sebagai antasid yang dapat mencegah naiknya asam ke kerongkongan. Meski ibu hamil dianjurkan tak boleh mengonsumsi obat-obatan tertentu tanpa sepengetahuan dokter, zat aktif yang terkandung Mylanta relatif aman diminum ibu hamil, karena hanya menetralkan asam dan tak diserap tubuh.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

>terimakasih</a infonya....
bisa menambah wawasan saya mengenai kehamilan

joperpati mengatakan...

@Atha...Terima kasih kembali, semoga wawasan anda selalu bertambah dan selalu sehat...